mestre Itabora

ITABORÁ Ferreira

Mestre Itaborá Ferreira telah berlatih capoeira sejak tahun 1974, dengan pengalaman mengajar kurang lebih dari 20 tahun. Beliau mulai berlatih capoeira di Rio de Janeiro di bawah arahan dan bimbingan dari Mestre Camisa (Master kepala abada Capoeira, sebuah organisasi capoeira terkemuka yang menetapkan standar untuk pelatihan capoeira di seluruh dunia). Mestre Itaborá juga belajar di Sekolah Nasional Folklore, di Rio, dari tahun 1973 sampai 1976. Ia menerima graduation dari Mestre Camisa pada tahun 1996 di Circo Voador di Rio. Pada tahun 1990, ia menghabiskan beberapa bulan di kota Salvador, Bahia, untuk belajar Capoeira Angola dari Grand Master João Grande.

Di Amerika Serikat, mestre Itaborá Ferreira telah mengajar capoeira dan drum di banyak kelas,seperti di Yale University, UCLA, UCSC, UC Riverside, Stanford University, dan baru-baru di Cabrillo College di Santa Cruz, California. Dia juga berpartisipasi dalam proyek komunitas seni banyak dari New York City ke Oakland, Berkeley, dan Santa Cruz.

Ketika bekerja dengan Mestre Barrão, dari Axe Capoeira, Mestre Itaborá telah mengajar seminar di seluruh dunia, termasuk tempat-tempat seperti: Toronto & Victoria, KANADA, Kepulauan Virgin, AS; Guadalajara & Puebla, Meksiko, Praha, Republik Ceko, Moskow, RUSIA, Kiev, UKRAINA, Wroclaw, POLANDIA, Ankara, TURKI; Hamburg, Jerman, dan Bandung, INDONESIA. Dia adalah direktur teknis Amerika Serikat Capoeira Federation dan penyelenggara OPEN TURNAMEN AS Capoeira.

Mestre Itaborá juga merupakan 2 kali Juara DuniaBrazilian Jiu-Jitsu  (Rio de Janeiro, 2004-2005) dan Jiu-Jitsu Brasil Juara Pan Amerika (Los Angeles 2005). Ia memegang 2 sertifikasi pelatihan pribadi (NASM & NCSF) dan saat ini bekerja di Gold Gym dari San Mateo sebagai pelatih pribadi, dan instruktur Capoeira dan Brazilian Jiu-Jitsu.

Mestre Itaborá telah mengilhami banyak orang melalui ajarannya (lihat Interview dengan roda magazine”) dan dia percaya bahwa capoeira dapat berfungsi sebagai katalis bagi pembangunan masyarakat dan pembangunan karakter. Capoeira adalah cara hidupnya, dan dia berkomitmen untuk membantu orang-orang bangkit dan membantu mengoptimalkan potensi orang-orang yang dilatihnya mengeluarkan kemampuan terbaik mereka, dengan mendorong mereka, tanpa ada bentuk penilaian. Dalam kata-katanya Mestre Itaborá  “There is a game for everyone, regardless of age, ethnicity, and gender or body type”.

UCAPAN TERIMA KASIH

Saya hormat dan rasa syukur atas Mestre saya, Mestre Camisa, yang mengajari saya langkah pertama, dan langkah-langkah lebih banyak, ke dalam permainan hidup. Aku tidak bisa terus di capoeira tanpa menyadari ajaran-ajarannya, filsafatnya, dedikasi untuk seni ini, dan tekadnya untuk mendapatkan rasa hormat untuk capoeira dengan banyak cabang dari masyarakat. Dia adalah seorang prajurit konstan dan pengaruhnya terlihat di sekolah capoeira seluruh dunia, termasuk banyak grup yang tidak berafiliasi dengan abada Capoeira.

Mestre Suassuna , seorang master capoeira yang besar dan sebagai teman. Dia dan kelompoknya, Cordão de Ouro , juga menjadi ikon di dunia capoeira. Dia adalah pelopor yang tidak pernah berhenti membawa pesan sukacita dengan perspektif yang berbeda untuk  dunia capoeira . Dia mengatakan kepada saya bahwa kami bermain capoeira “dengan” orang lain dan bukan terhadap orang itu. Ia telah mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia melalui ajarannya, karakter yang menyenangkan, dan saya sangat bersyukur atas instruksi dan bimbingannya.

Grand Master João Grande, seorang pemimpin dari Capoeira Angola tradisi, ia telah menjadi sebuah harta karun untuk semua pemain capoeira terlepas dari gaya mereka. Saya menghabiskan waktu yang berharga darinya, mengambil kelas di Instituto do Cacau  di Salvador, Bahia pada tahun 1990, dan saya bersyukur untuk itu.

Peixinho Mestre, seorang pemimpin Capoeira Senzala kelompok yang memegang posisi yang kuat dalam sejarah dan tradisi capoeira di Rio. Aku tidak akan pernah melupakan Rodas pada malam Jumat di Travessa Angrense dan bagaimana ia telah menyambut  semua siswa saya ketika kami mengunjunginya di Ladeira, Rio.

Mestre Bira Acordeon, legenda hidup di capoeira. Dia adalah seorang filsuf, penulis, seorang musisi yang baik, master dengan begitu banyak kebijaksanaan dan karisma. Memiliki pengetahuan yang mendalam tentang kompleksitas dari CAPOEIRA, Mestre Acordeon adalah pembawa tradisi dari pendiri Capoeira regional yang melegenda,Mestre Bimba. Sekolahnya, di Café Seni Capoeira di pusat kota Berkeley, adalah rumah bagi Serikat Capoeira Asosiasi . Ini adalah model sekolah capoeira dan acara nya setiap musim panas yang dikemas dengan pemain capoeira dari seluruh dunia.

Mestre Marcelo Caveirinha dari Mandinga Capoeira . Terima kasih untuk semua dukungan Anda selama ini dan banyak memberikan kesempatan kepada saya dengan capoeira dan drum. Dia telah tinggal di Area Northern California Bay kurang lebih dari 23 tahun dan karyanya dengan capoeira dan seni telah menyebar ke sekolah-sekolah umum, universitas, dan proyek-proyek masyarakat. Mestre Marcelo juga telah berpengaruh besar di Bay Area serta seluruh Amerika Serikat untuk perkembangan Capoeira.

Mestre Wagner Bueno dari Capoeira San Jose , adalah master besar dengan hati besar dan sebuah sekolah yang indah terletak di San Jose, CA. Dalam sebuah momen yang sangat menakutkan dan putus asa dalam hidup saya, Mestre Vaguinho  membantu saya keluar, dan saya tidak akan pernah melupakannya.

Mestre Barrão, dari Axe Capoeira Mestre Barrão., Pelopor di Kanada, telah membuktikan dirinya sebagai kekuatan terkemuka di capoeira. Kelompoknya memiliki cabang di banyak negara dan peringkat di antara kelompok-kelompok capoeira terbesar di dunia. Karyanya meliputi musik, acara, capoeira, dan tarian tradisional dari Pernambuco, Brasil, serta proyek-proyek komunitas di Recife, Brasil. Terima kasih banyak untuk semua kesempatan yang Anda buat untuk saya dan untuk pengakuan bahwa Anda menunjukkan saya untuk waktu saya dan bekerja dengan capoeira.

Mestre Beiçola, dari Capoeira Narahari . Terima kasih untuk semua dukungan Anda dalam setiap acara saya dengan capoeira dan musik. Teman saya selama bertahun-tahun, kami bertemu di sebuah roda capoeira di Rio de Janeiro, Brasil, pada 70-an. Mestre Beiçola telah membuktikan dirinya di Palo Alto, CA. Selalu menantang pemain dengan senyum tak tertahankan, Mestre Beiçola juga merupakan musisi besar, perkusi dan penari etnis.

Untuk saudara-saudaraku capoeira yang memahami kesulitan mengajar capoeira di sini di Amerika Serikat. Dengan banyak rintangan yang saya hadapi dan banyak kesalahan yang kubuat, terima kasih banyak dan memaafkan saya karena rasa sakit bahwa perilaku saya dan salah perhitungan mungkin menyebabkan: Mestres Ariranha dan Sabara.

Terima kasih kepada teman saya Rogerio da PIUARTE Pais (Piu). Piu telah sangat membantu dengan tokonya di São Paulo, Brasil. Selalu siap untuk mempersiapkan bahan-bahan yang saya butuhkan, selalu prompt dengan pengiriman dan selalu sabar dan senang untuk melayani. Valeu Piu, e voce 10.

Mestre Roberto Farris Thompson, profesor Seni Afrika dan Sejarah di Timothy Dwight College di Universitas Yale. Profesor Thompson , “Guru T” telah menjadi pendukung besar  kelas capoeira saya di Yale. Terima kasih profesor untuk semua dukungan dan dorongannya.

Mestre Jelon Vieira. Terima kasih terdalam untuk Mestre Jelon sebagai pelopor capoeira di Amerika Serikat. Dia  sangat berjasa dalam mempopulerkan capoeira  di Amerika. Beliau banyak sekali  membantu saya, seperti  memperkenalkan saya dengan Profesor Robert Thompson. Pada tahun 1985, ketika saya tiba di New York City, Mestre Jelon adalah orang yang membuka pintu untuk saya, bahkan banyak lagi mestre-mestre lain yang sudah dibantu beliau termasuk Mestre Boneco (Capoeira Brasil), Mestre Ombrinho, Contra-Mestre Pilão, Mestre AMEM (Capoeira Batuque), Nilson Santos, Mestre Gato Nego, Mestre Ariranha, Mestre Bom Jesus, Mestranda Edna Lima (abada Capoeira), Mestre Marcelo Caveirinha (Mandinga Capoeira), Mestre RA, Charles Negrita-perkusi, Silvana Magda dan Lygia Barreto-penari dan koreografer, dan ini hanyalah catatan kecil dari semua seniman, penari, musisi dan capoeiristas yang dibantu oleh Mestre Jelon di negeri ini. Melalui bekerja tak kenal lelah dengan capoeira, serta dengan tarian etnik dan modern, Mestre Jelon memposisikan dirinya sebagai otoritas di bidang ini. Penghargaan atas pemenang tari, Tari Brasil, telah diakui oleh New York Times dan media penting lainnya sebagai salah satu perusahaan tari terbaik di Amerika Serikat.

Saya percaya, dan meminta setiap pemain capoeira dan guru di negeri ini untuk tahu siapa Mestre ini, apa yang telah dilakukan untuk mempromosikan budaya capoeira dan Afro-Brasil di sini, Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Mestre yang sangat dermawan ini, silahkan kunjungi website nya di ( http://www.mestrejelon.com ) dan drop dia catatan mengakui karyanya.

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s